Home » Blog » Otot Kencang Dengan Latihan Fitness Barbell Squat

Otot Kencang Dengan Latihan Fitness Barbell Squat

Saturday, November 30th 2013. Posted in Blog

Otot yang kencang merupakan dambaan setiap orang. Baik pria maupun wanita, ingin selalu tampil menarik dengan otot yang tak kendur. Mereka pun akhirnya mengikuti berbagai latihan untuk mewujudkan otot kencang yang mereka idam-idamkan. Jika anda berkunjung ke fitness centre, anda akan diberitahu oleh para trainer mengenai banyaknya jenis latihan untuk mengencangkan otot. Otot-otot yang biasanya kurang kencang adalah otot tangan, perut, pinggang, bokong dan betis. Dari sekian banyak latihan adalah barbell squat. Latihan barbell squat akan membantu anda untuk mengencangkan otot-otot yang kendor.

otot kencang

Latihan Barbell Squat

barbell squat

Latihan ini sudah jelas dari namanya, menggunakan barbell. Lalu anda akan melakukan gerakan squat biasa sambil memegang barbell. Latihan ini bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Namun terkadang wanita kurang menyukainya karena membuat punggung mereka cepat pegal karena menahan berat dari barbell. Bila anda pemula dalam latihan barbell squat ini, jangan langsung memilih beban barbell yang berat. Mulailah dengan palang besinya saja. Jika anda sudah terbiasa, anda bisa mulai menambahkan sedikit barbell dengan berat yang kecil dulu, lalu lama kelamaan mulai ditambah. Dalam melakukan latihan barbell squat, pertahankan posisi punggung anda untuk selalu tegak.

Berikut ini langkah-langkah dalam melakukan latihan barbell squat. Genggamlah barbell dalam posisi dibelakang leher ataupun bagian tengkuk. Lalu, lebarkan kaki anda sedikit lebih lebar dibandingkan bahu anda. Melebarkan kaki bukan tanpa maksud, hal ini akan membantu anda untuk menguatkan pijakan saat melakukan squat. Pastikan posisi tubuh anda seimbang dengan barbellnya. Agar punggung tetap tegak, kontraksikan otot perut anda saat ber-squat. Saat anda menurunkan barbell, cobalah untuk mendekatkan lutut kearah agar posisi kaki dapat lurus saat anda mendorong barbell kembali ke posisi semula. Lakukan latihan ini dengan repetisi sekitar 8 hingga 12 kali per set nya. Untuk hasil terbaik lakukan dalam 3 set. Beri jeda yang cukup bila sudah merasa lelah.

Manfaat Latihan Barbell Squat

Sudah kita bicarakan d awal tadi bahwa latihan ini bisa membantu untuk mengencangkan otot-otot yang kendor. Otot-otot yang akan kencang adalah otot perut. Otot perut akan berkontraksi saat anda mengangkat barbell dan melakukan gerakan squat. Bila rutin melakukan latihan ini, anda akan memperoleh keseimbangan tubuh yang baik. Tidak hanya otot perut, otot paha juga akan kencang dengan latihan barbell squat ini. Bagian otot paha yang akan mengencang adalah bagian paha depan dan belakang. Dan otot selanjutnya yang akan terkena imbas positif dari latihan ini adalah otot glutes alias otot bokong. Satu latihan namun dapat mengencangkan tiga jenis otot sekaligus. Menyenangkan bukan?

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 742C09E7 (Hendry)
cs 1