Home » Blog » Merampingkan Lingkar Pinggang Pada Wanita

Merampingkan Lingkar Pinggang Pada Wanita

Thursday, July 11th 2013. Posted in Blog

Baik pria maupun wanita, pasti akan mendamba bentuk tubuh yang ramping. Tubuh yang ramping bukan hanya akan memperindah penampilan, tetapi juga menandakan bahwa tubuh anda sehat. Namun seringkali pola makan dan kurangnya kita berlatih fitness membuat bagian-bagian tubuh tertentu menjadi kendor. Dan tubuh yang terlihat kendor sudah pasti akan menjadi momok, terlebih bagi kaum wanita yang sangat memperhatikan penampilannya. Kali ini kita akan membahas mengenai bentuk latihan yang dapat diterapkan untuk membuat daerah sekitar pinggul menjadi ramping, tidak seperti buah alpukat lagi. Semoga dapat membantu.

pinggang wanita

Gerakan Merampingkan Pinggang

Untuk merampingkan pinggang, ada beberapa gerakan yang dapat dilakukan seperti latihan pull down.

Latihan ini akan membuat punggung lebih bidang sehingga pinggang akan terlihat lebih ramping. Cara melakukan latihan pull down adalah sebagai berikut, pilih beban yang sesuai dengan kemampuan anda, lalu letakkan pada kedua sisi alat pull down. Atur posisi duduk anda agar pijakan anda kuat saat menarik dan melepaskan beban. Posisikan penahan kaki tepat pada posisi paha atas. Tarik beban dan usahakan posisi punggung tetap lurus. Tahan posisi punggung lurus anda hingga posisi beban sampai sejajar dagu. Lepaskan beban ke posisi semula secara perlahan-lahan hingga tangan anda lurus, tidak menekuk lagi. Ulangi gerakan ini hingga beberapa kali.

Latihan kedua yang bisa dilakukan adalah latihan dengan menggunakan barbell yang disebut latihan bent over row.

bent over row

Posisikan kaki anda selebar bahu lalu atur posisi punggung lurus namun pinggang sedikit dicondongkan ke depan. Selanjutnya, tekuk lutut anda sedikit dan peganglah barbell selebar bahu dengan letak barbell tepat didepan lutut. Genggam barbell dengan posisi telapak tangan kearah bawah. Angkat barbell pelan-pelan sampai mendekati pusar, usahakan posisi punggung dan pinggang anda tidak berubah. Lakukan gerakan ini sambil menarik nafas saat barbell diturunkan dan hembuskan nafas saat barbell diangkat. Manfaat gerakan bentover row adalah membuat otot punggung bagian  tengah kuat sehingga pinggang akan terlihat ramping jika dilihat dari depan dan dari belakang.

Yang Harus Dihindari Saat Pull Down dan Bentover Row

Gerakan dari jenis latihan apapun harus anda ikuti dengan benar agar terhindar dari cedera yang tidak diharapkan. Dalam melakukan pull down misalnya, jangan menarik beban melewati dagu. Bila hal ini dilakukan otot bahu anda yang akan cedera. Dan jangan pula menarik beban  hingga pinggang karena ini juga akan mencederai otot bahu anda. Lalu saat melakukan latihan bentover row, kesalahan yang paling sering terjadi adalah membungkuknya punggung. Karena seharusnya posisi punggung tetap lurus saat mengangkat barbell. Bila anda tidak terburu-buru dan memperhatikan dengan benar setiap gerakannya, cedera bisa anda hindari dan manfaat latihan bukan mustahil bisa anda rasakan.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 742C09E7 (Hendry)
cs 1