Home » Blog » Latihan Yoga Di Gym

Latihan Yoga Di Gym

Tuesday, April 30th 2013. Posted in Blog

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang semakin digemari akhir-akhir ini. Baik pria maupun wanita, semua menyukainya. Olahraga yang berasal dari India ini dapat anda temui dengan mudah di sanggar-sanggar khusus yoga maupun tempat-tempat gym lengkap. Ya, gym saat ini tidak hanya menyediakan jenis olahraga seperti angkat beban dan cardio. Aneka jenis senam seperti aerobic, pilates hingga yoga kini semakin melengkapi varian olahraga di gym. Melakukan yoga di gym sebenarnya sama saja seperti di sanggar-sanggar yoga. Anda akan dilatih oleh yogi (orang yang menguasai yoga) melakukan gerakan-gerakan yoga. Berikut ini paparan lebih lanjut mengenai senam yoga, selamat membaca!.

Yoga, Ketenangan Yang Kaya Manfaat

Yoga

Orang awam mungkin akan sedikit kaget bila baru mengenal yoga. Karena senam ini tidak menggunakan irama musik pengiring yang hingar bingar seperti senam aerobic. Ketenangan akan langsung menyergap anda saat berlatih yoga. Ya, ketenangan pikiran dan suasana hati memang hal yang melekat erat pada yoga. Yoga menitikberatkan pada pernafasan yang baik dan benar, daya konsentrasi dan keluwesan gerakan tubuh. Banyak manfaat hebat yang dapat dipetik dari latihan yoga, antara lain melancarkan aliran darah, meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh, stamina tubuh yang meningkat, mencegah menurunnya daya ingat, memperbaiki bentuk tubuh dan masih banyak lagi.

Gerakan Utama Yoga

Ada tiga jenis gerakan utama dalam yoga yang bisa kita temui di gym maupun sanggar-sanggar yoga pada umumnya. Gerakan tersebut adalah Asana, Pranayama dan Meditasi. Gerakan Asana adalah gerakan yang berhubungan dengan posisi tubuh. Gerakan Asana menitikberatkan pada postur tubuh, pernafasan dan konsentrasi. Jika melakukan gerakan ini, anda akan berhubungan dengan kelenturan, berputar dan keseimbangan yang serasi. Lalu gerakan Pranayama adalah gerakan utama yoga yang bersangkutan pada sistem pernafasan. Gerakan ini akan melatih anda untuk dapat mengatur irama pernafasan. Irama pernafasan yang teratur akan mendorong tubuh dan pikiran menjadi lebih sehat. Yang terakhir adalah gerakan meditasi. Gerakan ini melatih anda untuk dapat menenangkan pikiran dan berileksasi. Ketenangan pikiran dan kemampuan relaksasi akan memperkuat jiwa dan raga untuk selalu siap menghadapi bermacam situasi dalam hidup.

gerakan yoga

Pemilihan jenis musik juga berperan dalam melakukan ketiga gerakan utama yoga tersebut. Biasanya para instruktur yoga akan memilih jenis musik yang menenangkan seperti musik yang berirama klasik, suara rumpun bamboo, suara gemericik angin dan instrumental-instrumental yang dapat memberikan efek rileksasi saat beryoga. Musik yang tenang akan turut membantu menurunkan detak jantung sehingga orang akan merasa nyaman dan membuat lebih mudah berkonsentrasi. Yoga juga sangat baik dilakukan oleh ibu hamil dan orang lanjut usia.

Komentar

Komentar

tags: ,
Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 742C09E7 (Hendry)
cs 1