Home » Blog » Kenali 3 Tanda-Tanda Gejala Over Training Di Program Latihan Fitness Anda

Kenali 3 Tanda-Tanda Gejala Over Training Di Program Latihan Fitness Anda

Tuesday, April 30th 2013. Posted in Blog

Setiap orang memang sangat membutuhkan tubuh yang sehat. Apalagi bagi kita yang hidup di era sekarang yang notabene banyak sekali masalah kesehatan yang bisa dengan mudah menyerang tubuh kita. Hal ini ditambah dengan beban pekerjaan yang mungkin sangat berat yang sangat mudah sekali membuat tubuh kita mengalami penurunan kesehatan. Banyak orang sudah memahami tentang berolahraga sebagai salah satu cara untuk menanggulangi masalah kesehatan mereka. Namun tidak sedikit pula orang yang terjerumus melakukan program latihan fitness yang dapat dikatakan sebagai over training.

over training

Nah untuk menjaga agar andapun melakukan hal yang sama dengan beberapa orang tersebut dimana terlalu memaksakan diri dalam melakukan latihan fitness, kami akan berikan beberapa gejala over training yang bisa anda rasakan di dalam tubuh anda. kami harapkan anda bisa mulai mengatur ulang program latihan anda setelah anda mengetahui bahwa anda termasuk orang yang mengalami over training.

3 Gejala Tubuh Mengalami Over Training

Berikut ini adalah 3 macam gejala yang bisa anda rasakan pada tubuh anda jika anda mengalami over training.

1. Kehilangan Volume Otot

volume otot

Jika anda sangat rutin melakukan program fitness angkat beban yang seharusnya membuat otot anda semakin bertambah volumenya, namun ketika tubuh anda mengalami over training, volume otot anda tidak akan bertambah setiap kali anda melakukan latihan yang sudah sering anda lakukan. Volume otot yang mengalami over training akan cenderung menyusut. Beberapa orang yang tidak memahami masalah ini mengira bahwa latihan yang mereka lakukan sudah saatnya untuk ditambah. Dan saat latihan ditambah, anda bisa mengalami cidera yang lebih fatal lagi yaitu cidera otot yang sangat beresiko. Oleh sebab itu, kami sarankan untuk memberikan waktu istirahat pada otot-otot anda setelah anda melakukan latihan fitness dengan teratur. Ototpun butuh istirahat untuk memperlancar penambahan volume di dalamnya.

2. Tubuh terasa kehilangan energi

hilang energi

Selain permasalahan yang terjadi di otot, beberapa orang yang sangat rutin dan bahkan bisa disebut over dalam melakukan olahraga bisa kehabisan tenaganya. Bahkan tidurpun tidak dapat memberikan cukup tambahan tenaga jika orang tersebut sudah terlalu memaksakan tubuhnya dalam melakukan olahraga. Oleh sebab itu, ada baiknya anda tidak melakukan olahraga berat terutama melakukan program latihan fitness setiap hari lebih dari 2 jam. Ingat, olahraga memang baik untuk tubuh, namun terlalu memaksakan tubuh untuk berolahraga juga mampu menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan.

3. Rasa nyeri yang tak kunjung hilang di beberapa bagian tubuh

nyeri otot

Rasa nyeri juga sering kali muncul ketika seseorang mengalami over training. Sebenarnya rasa nyeri ini adalah permasalahan yang muncul karena otot mengalami permasalahan. Jika anda sudah merakan nyeri di beberapa bagian tubuh anda seperti tangan, kaki, leher, ada baiknya anda mulai mengurangi jadwal latihan anda terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan tubuh anda sudah memberikan alarm kepada anda bahwa anda sudah memaksanya untuk berolahraga di luar batas kemampuannya.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 742C09E7 (Hendry)
cs 1