Home » Blog » Cermat Mengkonsumsi Suplemen Fitness yang Tepat untuk Tubuh Anda

Cermat Mengkonsumsi Suplemen Fitness yang Tepat untuk Tubuh Anda

Monday, May 6th 2013. Posted in Blog

Tentunya istilah suplemen fitness sudah tidak asing lagi didengar bagi para atlet ataupun penggemar fitness atau olahraga kebugaran, khususnya kaum pria. Suplemen fitness berfungsi sebagai tambahan nutrisi untuk tubuh. Dalam olahraga fitness, tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang cukup yang tak hanya kita dapat dari makanan pokok yang kita konsumsi sehari-hari. Maka dari itu, selain mengikuti program fitness yang dianjurkan, terkadang para pria memilih untuk menggunakan suplemen guna mempercepat pembentukan tubuh yang ideal.

Beberapa fungsi suplemen fitness

bingung suplemen

Dalam mengkonsumsi suplemen fitness, para fitness mania tentunya harus lebih cermat mengetahui jenis suplemen fitness yang umumnya beredar di pasaran. Beberapa produk suplemen fitness yang umum digunakan adalah suplemen protein, suplemen creatine, suplemen glutamin, dan suplemen multivitamin atau mineral. Masing-masing suplemen tersebut memiliki tujuan dan fungsi tersendiri. Bagi Anda yang ingin membentuk otot dengan cepat dan tepat, suplemen Whey protein merupakan pilihan terbaik. Suplemen Whey protein berfungsi untuk menambah kandungan protein yang belum diperoleh secara maksimal dari makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari. Guna menambah massa otot, Anda dapat menambahkan suplemen creatine ke dalam daftar wajib suplemen Anda. Creatine membantu kinerja otot lebih maksimal saat menjalani latihan angkat beban. Sedangkan suplemen glutamin membantu Anda memulihkan otot yang lelah bekerja atau mencegah terjadinya cedera otot dan katabolisme otot. Glutamin merupakan asam amino non-esensial yang membantu pembentukan jaringan otot rangka lebih dari 60 persen. Suplemen multivitamin juga dibutuhkan untuk asupan vitamin dan mineral guna mempercepat proses pemulihan otot dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Cara memilih suplemen fitness yang benar

Sebelum memilih suplemen fitness apa yang akan Anda konsumsi, Anda juga harus memperhatikan merk dan kemasan suplemen fitness yang akan Anda pilih. Usahakan untuk selalu mengecek merk suplemen yang dapat dipercaya dan memiliki reputasi yang jelas. Dan jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa, peringatan, informasi gizi, segel pada kemasan dan sertifikat halal bagi kaum Muslim. Pastikan dosis kandungan suplemen yang dibutuhkan sesuai dengan tujuan Anda melakukan fitness. Sebagai contoh, terlalu banyak mengkonsumsi creatine dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan kram otot. Bagaimanapun, mengkonsumsi segala sesuatu secara berlebihan kurang baik hasilnya. Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan pakar kesehatan atau personal trainer untuk menentukan suplemen mana yang dibutuhkan dan cocok bagi Anda untuk menghindari efek samping yang timbul dari suplemen fitness yang Anda pilih. Selebihnya, jika Anda masih bingung untuk memilih suplemen, bisa Anda baca di Tips memilih Suplemen disini.

Perlu diingat bahwa suplemen hanya membantu menambah asupan nutrisi, bukan sebagai pengganti makanan pokok. Dengan mengkonsumsi suplemen, hal ini tak bisa dijadikan alasan untuk mengurangi asupan makanan pokok ke dalam tubuh kita. Selain itu, tanpa latihan, pola makan yang sehat dan kualitas tidur yang baik, maka tujuan fitness untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar tidak akan bisa tercapai.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 7ee1c70f (Hendry)
cs 1