Home » Blog » Cara Kerja Otot Manusia

Cara Kerja Otot Manusia

Saturday, October 31st 2015. Posted in Blog

Otot merupakan salah satu bagian tubuh manusia yang bekerja karena adanya rangsangan dan. Cara Kerja Otot pada setiap bagian tubuh Manusia dipengaruhi oleh sendi, tulang dan otot itu sendiri. Gerakan yang terjadi pada tulang disebabkan otot yang bergerak karenaberkontraksi, dengan cara otot membesar, lebih keras, dan otot menjadi lebih pendek. Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, otot akan mengalami kontraksi atau bekerja jika saraf memberi rangsangan ke otot.Sendi timbul karena adanya otot yang menggerakkan tulang di dekatnya, dan disebabkan adanya kontraksi.

elevasi-depresi-gerakan-otot-antagonis

Cara Kerja Otot sendiri dibedakan menjadi otot sinergis dan otot antagonis. Otot sinergis menimbulkan terjadinya gerakan yang sinergis, yakni otot yang bergerak searah secara bersamaan. Jadi otot berkontraksi dan berelaksasi secara bersama – sama. Sedangkan otot antagonis terjadi karena adanya gerak sinergis, yakni otot yang bergerak berlawanan arah. Jika otot yang mengalami kontraksi dan otot yang kedua mengalami relaksasi, maka akan menyebabkan tulang tertarik atau terangkat. Sebaliknya, jika otot pertama yang mengalami relaksasi sedangkan otot yang kedua yang mengalami kontraksi maka akan menyebabkan tulang tertarik atau terangkat.

Gerak Otot Sinergis adalah gerak otot yang searah, contohnya gerak yang terjadi di tulang rusuk saat kita bernafas maka otot – otot diantara tulang rusuk akan bekerja secara bersama – sama dan searah. Kemudian gerakan tangan menghadap keatas dan kebawah yang diakibatkan oleh otot pronatorteres dan otot nator kuadratus yang bekerja secara bersamaan. Sedangkan gerak otot antagonis contohnya adalah kerja otot yang terjadi di otot trisep dan otot bisep yang terletak di lengan bagian atas dan lengan bagian bawah.

Otot trisep merupakan otot yang memiliki tendon atau ujung sebanyak tiga yang menempel di tulang dan terletak padabagian belakang lengan atas. Sedangkan otot bisep merupakan otot yang memiliki tendon atau ujung sebanyak dua yang menempel di tulang dan terletak pada bagian depan di lengan atas. Cara kerja otot untuk mengangkat lengan bagian bawah, otot trisep melakukan relaksasi yang otot bisep melakukan kontraksi. Sedangkan untuk menurunkan lengan bagian bawah, otot trisep melakukan kontraksi dan otot bisep melakukan relaksasi.

Kerja otot ini tidak selamanya akan berjalan baik – baik saja, karena otot pada manusia biasanya mengalami gangguan diantaranya, pertama Atroji yakni menghilangnya kemampuan otot untuk berkontraksi yang disebabkan oleh otot yang mengecil. Kedua Hipertrofi, yakni masa otot yang membesar dan lebih kuat karena latihan yang berlebihan seperti otot para atlet dan binaragawan. Ketiga, kram yang biasanya dialami mulai dari anak kecil sampai orang dewasa yang disebabkan otot mengalami kontraksi yang berlebihan dan terus menerus sehingga otot menjadi kaku dan terasa sakit saat digerakkan. Mungkin cukup demikian ulasan ini terkait denganproses bekerjanya ototmanusia.

Kerja Otot dapat di bedakan dalam dua jenis yaitu otot sinergis dan otot antagonis, yang fungsi dari kedua otot tersebut saling berdampingan.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 742C09E7 (Hendry)
cs 1