Home » Blog » Cara Berlatih Untuk Otot Forearms Anda

Cara Berlatih Untuk Otot Forearms Anda

Wednesday, December 4th 2013. Posted in Blog

Otot forearm adalah otot yang terletak diantara siku dan pergelangan tangan anda. Otot forearm ini tidak terlalu diperhatikan oleh para fitness mania. Padahal jika otot ini berkembang dengan baik, kekuatan otot tangan anda akan meningkat dan semakin baik.

forearm

Otot forearm yang baik juga dapat meningkatkan performa anda dalam bidang olahraga lain seperi baseball, basket atau jenis olahraga lain yang mengandalkan kekuatan tangan. Jika anda tertarik untuk melatih otot forearm, simak uraian berikut.

Melatih Otot Forearm

Latihan pertama yang bisa ditiru untuk melatih otot forearm anda adalah Seated Dumbbell Palms Up Wrist Curl.

Latihan ini diawali dengan posisi duduk, kedua tangan memegang dumbbell dengan posisi telapak tangan menghadap keatas. Lalu jadikan paha anda sebagai penumpu kedua forearm anda. Angkat pergelangan tangan anda, usahakan forearm anda tetap di paha dan tidak ikut naik. Kembalikan ke posisi awal. Lakukan dalam 15 hingga 20 kali repetisi. Latihan kedua yang juga bagus untuk otot forearm anda adalah, Palms Down Wrist Curl Over Bench.

Palms Down Wrist Curl Over Bench

Gerakan ini membutuhkan bangku bermatras yang dapat ditemui dengan mudah di tempat fitness. Awali posisi dengan duduk menggunakan kedua lutut sebagai tumpuannya.

Posisikan kedua lengan anda diatas bangku bermatras tersebut sambil memegang sebuah barbell dengan posisi telapak tangan mengarah kebawah. Atur posisi forearm andaย  dengan menyenderkannya di bangku bermatras. Naikkan telapak tangan anda dan tahan agar forearm anda tidak ikut naik. Ulangi dalam beberapa kali repetisi. Selanjutnya, ada juga latihan Standing Palms Up Barbell Behind the Back Wrist Curl. Sebagai awalan, beridirilah tegak. Kemudian, peganglah sebuah barbell di belakang pinggang dengan posisi telapak tangan membelakangi pinggang. Perlahan-lahan, angkat pergelangan tangan anda keatas namun jaga agar posisi forearm tidak ikut berubah. Awali dari posisi awal dan ulangi dalam beberapa kali repetisi.

Kemungkinan Cedera Pada Forearms

Seperti layaknya jenis latihan otot lain, otot forearm juga bisa mengalami cedera apabila kita tidak berlatih dengan benar. Meski tidak banyak tahu, otot forearm memegang peranan penting terhadap kekuatan tangan. Cedera pada otot forearms biasanya ditandai dengan nyeri di bagian lengan saat kita menekuk lengan, pembengkakan, dan bila parah, nyeri akan terasa bila jari jemari bergerak. Cara menghindarinya sebenarnya sangat mudah. Variasikan latihan anda agar otot forearms tidak terlalu berat bekerja. Selain itu, berilah jeda beberapa saat dalam latihan forearms anda. Jangan latihan tanpa jeda sedikitpun karena itu hanya akan membuat otot forearms anda tegang dan akhirnya cedera. Untuk penyembuhan, ada berbagai cara yang bisa dilakukan, tergantung seberapa parah cedera forearms yang anda alami. Konsultasikan dengan dokter ataupun instruktur fitness anda tentang cedera forearms lebih lanjut.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 7BFD4C9E (Hendry)
cs 1