Home » Blog » Berlatih Traps Weight Training Untuk Postur Tubuh Lebih Baik

Berlatih Traps Weight Training Untuk Postur Tubuh Lebih Baik

Wednesday, December 4th 2013. Posted in Blog

Postur tubuh yang baik memberikan banyak manfaat selain penampilan yang lebih menarik. Beberapa manfaat dari memiliki postur tubuh yang proposional adalah terhindar dari banyak rasa nyeri, nyeri pinggang, punggung, bahu dan leher. Selain itu, kita juga dapat bernafas dengan lebih mudah.

traps

Posisi tubuh yang bungkuk cenderung akan menekan diafragma dan paru-paru sehingga kita akan kesulitan bernafas. Proses pencernaan juga akan semakin baik jika postur tubuh kita baik. Untuk itu inilah beberapa latihan yang akan memperbaiki postur tubuh anda menjadi lebih baik dengan membentuk otot traps.

Metode Latihan Traps Weight Training

traps workout

Metode latihan ini memang ditujukan untuk membentuk otot traps atau otot trapezius yang kuat. Latihan ini harus dilakukan secara seimbang agar manfaatnya bisa anda rasakan. Adapun nama latihan yang diperlukan untuk membentuk otot traps ialah Barbell Shrug , Barbell Upright Row dan Dumbbell Shrug. Untuk latihan pertama yaitu Barbell Shrug, posisikan awal badan anda dengan berdiri tegak, kaki dibuka sedikit dengan posisi tangan lurus disamping. Atur bahu anda mundur ke belakang dan dada dibusungkan. Genggamlah barbell. Usahakan tangan dan bahu anda dalam keadaan rileks, namun pertahankan bahu agar tetap lurus. Atur nafas dengan menghembuskannya dan sambil mengangkat bahu setinggi mungkin. Dalam gerakan ini usahakan posisi bahu dan dada tetap berada ditempat semula. Angkat bahu dan tahan selama 1 hingga 2 detik. Turunkan bahu, ambil nafas dan  kembalikan posisi bahu seperti diawal dan ulangi gerakan ini beberapa kali.

Lanjut ke latihan kedua yaitu Barbell Upright Row. Latihan kedua ini tetap menggunakan barbell. Posisikan tubuh anda berdiri tegak dan genggamlah barbell.  Tempatkan barbell di atas lutuu dengan posisi telapak tangan ke arah tubuh. Berilah jarak kira-kira 5 cm antar genggaman barbell. Angkat barbell ke arah dada sambil menghembuskan nafas. Tahan posisi tersebut selama 2 hingga 3 detik. Tarik nafas saat mengembalikan barbell ke posisi semula. Dan untuk latihan ketiga adalah Dumbbell Shrug. Latihan ini sama dengan Barbell Shrug, bedanya tentu saja berada di alat yang digunakan, yaitu dumbbell. Tinggal selera anda sendiri, lebih menyukai yang menggunakan barbell atau dumbbell. Sesuaikan juga berat bebannya dengan tingkat kemampuan anda.

Hal Lain Dibalik Latihat Traps Weight Training

Penting untuk diketahui bahwa latihan traps ini membutuhkan berat beban yang sangat berat. Jika anda belum terbiasa dengan berat beban pada barbellnya, anda bisa menggunakan alat yang disebut smith machine. Apa itu? yaitu sebuah alat yang dipergunakan untuk memposisikan barbell pada posisi yang rendah sehingga anda tidak perlu menghabiskan banyak energi dibandingkan ketika harus mengangkat barbell dari lantai. Punggung bawah anda juga akan merasa nyaman karena tidak harus menahan beratnya barbell terlalu lama. Semoga dapat membantu.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 742C09E7 (Hendry)
cs 1