Home » Blog » Berlatih Pilates Di Gym

Berlatih Pilates Di Gym

Thursday, April 25th 2013. Posted in Blog

“Yuk ngegym”, adalah kata-kata yang seringkali kita dengar akhir-akhir ini. Pergi ke gym untuk berolahraga adalah suatu gaya hidup baru di setiap kalangan usia, dari remaja usia hingga dewasa, mereka yang memahami akan pentingnya kesehatan, pasti menjadikan gym sebagai tempat untuk menghabiskan waktu juga untuk berolahraga. Semua orang sudah tahu bahwa olahraga adalah kegiatan yang mempunyai segudang manfaat bagi tubuh. Dan jika anda dating ke gym, pilihan jenis olahraga tidak hanya ada satu, salah satunya senam pilates. Pilates adalah sebuah jenis senam yang dapat ditemui di hampir setiap gym sekarang ini.

Manfaat Mengikuti Pilates Di Gym

pilates

Fans dari senam pilates adalah kaum hawa dan juga kaum adam. Hal ini seperti yoga yang juga digemari wanita dan juga pria. Senam pilates selain diadakan di gym, juga bisa kita temui di sanggar-sanggar senam biasa. Senam ini menitikberatkan pada keseimbangan tubuh yang berasal dari kekuatan otot-otot dalam tubuh. Selain keseimbangan, senam ini juga menonjolkan sistem pernafasan yang teratur dan benar seperti pada latihan yoga (menarik nafas dari hidung lalu keluarkan dari mulut).

Senam pilates mempunyai banyak manfaat yang bisa kita petik jika tekun melakukannya. Lalu apa saja manfaat senam pilates ini?. Manfaat melakukan senam pilates antara lain, memperbaiki postur tubuh, mengurangi sakit pinggang, mengencangkan otot perut sehingga perut akan terlihat ramping, membakar kalori dan masih banyak lagi. Tubuh akan menjadi lentur pula bila rutin mengikuti latihannya. Mengikuti jenis latihan ini, baik di gym maupun sanggar biasa memang tidak jauh berbeda. Yang berbeda mungkin hanya pada jadwal di gym yang biasanya lebih banyak daripada di sanggar-sanggar. Sehingga kita bisa lebih leluasa memilih waktu latihan pilates yang sesuai dengan schedule kita sendiri.

Contoh Gerakan Pilates Di Gym

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa melakukan pilates memang banyak manfaatnya. Salah satunya adalah mengencangkan otot perut. Berikut ini adalah contoh gerakan pilates untuk otot perut yang biasa kita jumpai di gym-gym ataupun sanggar senam. Gerakan pertama adalah, Leg Circle. Gerakan pilates ini adalah berbaring dalam posisi terlentang dengan posisi kaki diluruskan di lantai. Naikkan kaki kiri atau kaki kanan ke atas bergantian. Tahan selama 10 hingga 60 detik. Lalu, buat lingkaran kecil diudara dengan telapak kaki anda. Putarkan telapak kaki anda mengikuti arah jarum jam. Ulangi gerakan ini bergantian dengan kaki anda yang lain. Lalu, gerakan kedua adalah Toe Dip. Gerakan ini adalah berbaring terlentang diatas punggung dengan dengan posisi kedua kaki diangkat keatas lalu dibengkokkan hingga membentuk sudut 90 derajat. Posisikan paha anda lurus keatas dan betis anda pun sejajar dengan lantai. Istirahatkan tangan anda disamping tubuh dengan posisi telapak tangan menghadap kea rah lantai. Lalu jaga perut anda tetap berkontraksi dan tekan punggung anda ke lantai. 

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 7BFD4C9E (Hendry)
cs 1