Home » Blog » Angkat Barbell Untuk Otot Punggung Wanita

Angkat Barbell Untuk Otot Punggung Wanita

Sunday, June 16th 2013. Posted in Blog

Angkat barbell atau istilah lainnya angkat beban memang bukan monopoli kaum pria. Kaum wanita pun bisa melakukannya. Fungsi angkat barbell baik untuk pria maupun wanita sebenarnya tak jauh berbeda. Untuk mengencangkan otot-otot di bagian punggung, lengan, perut hingga dada. Kali ini yang jadi topic pembahasan adalah latihan yang diperlukan oleh wanita untuk mengencangkan otot punggung. Mau tahu supaya bisa dipraktekkan? Simak yang berikut ladies.

otot punggung wanita

Latihan Untuk Otot Punggung Wanita

Tidak hanya kaum pria yang ingin penampilan tubuhnya proposional, wanita juga menginginkannya. Bentuk latihan akan sedikit berbeda, namun tujuannya tetap sama, yaitu membentuk otot punggung yang indah dan kencang. Latihan pertama adalah, latihan Lateral Raise.

lateral rise

Lateral Raise dimulai dengan posisi berdiri dengan posisi lutut sedikit ditekuk. Lalu, genggamlah barbell didepan lutut dengan posisi telapak tangan mengarah ke dalam tubuh. Tekuk siku anda lalu lakukan gerakan seperti huruf T yaitu angkat barbell hingga sejajar dengan bahu. Kemudian turunkan punggung anda sedikit saat melakukan gerakan T ini. Lalu, pertahankan lutut anda tetap berada posisi menekuk saat melakukan gerakan Lateral Raise ini.

Lalu gerakan yang bisa dipakai untuk melatih otot punggung wanita adalah latihan Deadlift.

rookie-mistake-deadlift_0

Latihan Deadlift ini diawali dengan posisi badan berdiri tegak dan kaki dibuka selebar bahu. Angkatlah barbell dengan kedua tangan lalu tekuklah punggung bagian bawah. Setelah itu, posisikan beban barbell lebih rendah dari kaki, dengan posisi  lutut tetap menekuk. Satu hal yang harus diperhatikan dari latihan ini adalah punggung bagian bawah harus melengkung dan punggung atas harus datar.kepala anda juga harus tegak saat mengangkat barbell. Selanjutnya, ada lagi latihan Single Arm Rows.

single arm rows

Latihan ini akan menggunakan bantuan bangku. Tekuk lutut bagian kiri anda pada bangku, sedangkan kaki kanan menapak di lantai. Genggam barbell dengan tangan kanan lalu biarkan tangan kiri menopang tubuh anda dibangku. Angkat barbell mendekati dada, usahakan posisi tubuh lurus dengan bangku. Ulangi dari posisi awal dengan giliran tangan kanan dan lutut kanan anda.

Hal Penting Dalam Mengangkat Barbell

Ada beberapa hal yang seharusnya diperhatikan dalam latihan barbell yaitu yang pertama sudah jelas pilihlah yang berat bebannya sesuai dengan kemampuan kita, awali dengan beban yang ringan, lalu tambah beban sedikit demi sedikit. Dalam latihan mengangkat barbell, hal penting selanjutnya adalah pengaturan nafas. Aturan nafas yang benar adalah hembuskan nafas saat mengangkat beban dan tarik nafas saat menurunkan beban. Jika anda melakukan nafas sebaliknya, beban barbell yang anda angkat akan semakin terasa berat. Dan beberapa jam sebelum latihan angkat beban dengan barbell perhatikan asupan makanan dalam tubuh anda. Sebelum latihan, sebaiknya anda makan terlebih dahulu. Mengapa? karena mengangkat beban akan membutuhkan banyak energi, lalu dari mana energi jika tidak ada asupan makanan beberapa jam sebelum berlatih?. Semoga informasi ini bisa menjadi inspirasi anda.

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 7BFD4C9E (Hendry)
cs 1