Home » Blog » Alat-alat Fitnes di Gym dan Kegunaannya Untuk Melatih Otot Lengan, Dada, Bahu, atau Back.

Alat-alat Fitnes di Gym dan Kegunaannya Untuk Melatih Otot Lengan, Dada, Bahu, atau Back.

Thursday, April 23rd 2015. Posted in Blog

Pada awal anda akan memulai suatu program latihan Gym atau Fitness dapat menjadi pengalaman yang menakutkan dan menantang. Bahkan ketika anda merencanakan untuk mengunjungi sebuah tempat latihan fitness atau gym dapat terlihat sangat mengintimidasi. Anda melihat ke sekitar anda dan terperangah dengan banyaknya alat latihan dan mesin mesin yang mungkin tidak anda ketahui fungsi masing masingnya. Bahkan nama nama dari mesin tersebut terdengar seperti dari bahasa yang lain. Di sini anda akan diperkenalkan dengan alat-alat fitnes dan kegunaannya sehingga anda akan lebih familiar ketika anda mengunjungi tempat fitness nantinya.

gym

Pada dasarnya ada dua jenis peralatan yang akan anda temukan di tempat fitness antara lain adalah Angkat Beban dan Mesin. Angkat beban adalah alat fitness untuk membentuk badan anda dan juga dapat menjadi alat alat fitnes untuk melatih otot lengan. Dinamakan angkat beban atau free weight karena alat alat tersebut tidak dipasang pada tali, kabel, pin atau penambahan beban lainnya. Alat angkat beban ini terdiri dari barbell, dumbbell dan piringan beban atau weight plates.

1. Barbell

barbell

Barbell adalah besi panjang yang memiliki ukuran antara 4 sampai 7 kaki atau 1,2 meter hingga 2.1 meter yang pada ujungnya dipasang piringan beban atau weight plates. Latihan dengan barbell dilakukan dengan mengangkat barbell dengan kedua tangan. Untuk barbell yang digunakan pada olimpiade, biasanya memiliki panjang 7 kaki atau sekitar 2.1 meter dan berat 45 lbs atau sekitar 20 kg. Jenis barbell semacam ini adalah barbell yang sangat kuat dan dapat menahan beban hingga 800 lbs (sekitar 363 kg). Beberapa jenis barbell olimpiade yang lain dapat menahan beban hingga mencapai 1000 lbs (sekitar 454 kg).

Karena jenis alat ini sangat besar, alat alat tersebut biasanya digunakan untuk latihan yang berat seperti

  • Melatih Otot Dada (Bench Press)

bench press barbell


  • Melatih otot Kaki (Squat)

squat barbell

  • Melatih otot bahu (Shoulder Press)

shoulder press barbell

 

  • Melatih Otot Punggung/Back

barbell back

Banyak tempat fitness yang memiliki set barbell dengan berat beban bermacam macam dan piringan bebannya telah fix. Jenis barbell tersebut biasanya memiliki berat di antara 20 hingga 100 lbs atau sekitar 9 kg hingga 45 kg dengan penambahan 5 sampai 10 lbs atau 2,3 kg sampai 4,5 kg. Selain barbell untuk olimpiade, terdapat juga barbell standar. Tipe jenis barbell semacam ini banyak anda lihat di supermarket atau departemen store di kota anda. Biasanya jenis barbell yang dijual dipasaran memiliki panjang 5 sampai 6 kaki atau 1.5 meter sampai 1.82 meter dengan ketebalan 1 inchi. Jenis barbell semacam ini sangat tepat untuk penggunaan di rumah.

 

2. Dumbbell

dumbbell

Dumbbell adalah barbell yang pendek, biasanya memiliki ukuran 10 hingga 15 inchi. Latihan dumbbell dilakukan dengan mengangkat dumbbell di setiap tangan. Dumbell adalah alat yang paling fleksibel dari semua Alat yang ada di tempat Gym, kenapa fleksibel? Karena hanya dengan Dumbell, Anda bisa melatih Hampir semua Otot besar dan Otot kecil tubuh Anda.

Berikut Cara-cara melatih otot menggunakan Dumbell:

  • Untuk melatih Otot Bahu (Shoulder Press Dumbell)

shoulder press dumbell

 

  • Untuk melatih Otot Dada (Dumbell Chest Press)

dumbell chest

 

  • Untuk melatih Otot Kaki (Goblet Squat)

dumbbell squat

 

 

  • Melatih Otot Punggung (Bent-Over One Arm Dumbbell Rows)

dumbell back

Biasanya tiap tempat fitness akan memiliki perlengkapan dumbbell dengan variasi berat. Biasanya yang tempat fitness miliki adalah dumbbell dengan berat 5 sampai dengan 100 lbs atau sekitar 2 kg sampai dengan 45 kg dengan penambahan berat 2 kg. Terdapat juga dumbbell yang beratnya dapat diubah dan mereka biasanya memiliki penutup kecil yang akan menutup ujung dari dumbbell tersebut sehingga dapat menahan piringan beban. Walaupun jenis semacam ini tidak senyaman deretan dumbbell yang beratnya telah fix, jenis semacam ini lebih murah dan memakan lebih sedikit tempat. Sehingga jenis ini akan lebih tepat untuk latihan di rumah anda. Dumbbell dapat menjadi alat fitnes untuk semua bagian Otot.

 

3. EZ Curl Bar

EZ Curl Bar

EZ curl bar didesain untuk menjadi alat alat fitnes untuk melatih otot lengan, yaitu di bagian Bicep dan Tricep. Jenis ini lebih pendek apabila dibandingkan dengan barbel dan memiliki sudut yang untuk menempatkan tangan. Jenis alat ini sangat bagus untuk melatih otot otot dari sudut yang berbeda dan menurunkan tekanan yang diakibatkan dari jenis barbell yang lurus pada lengan anda.

  • Melatih Otot Bicep

ez curl bar 1

  • Melatih Otot Tricep

ez curl tricep

 

 

4. Tricep bar

Alat ini adalah alat yang memiliki bentuk oval dan memiliki dua tempat memegang yang parallel.

tricep bar

latihan tricep menggunakan tricep bar

Seperti juga EZ curl bar, anda bisa menggunakannya untuk melatih otot dari sudut yang berbeda dan dapat memberikan tekanan yang lebih rendah apabila dibandingkan ketika anda menggunakan barbell yang lurus. Pelajarilah cara melatih otot tricep yang baik dan benar disini.

 

5. Bench

bench

Satu alat fitness yang paling umum ada di tempat tempat fitness adalah bench. Bench adalah tempat dudukan yang sangat fleksibel, bisa membantu untuk melatih Otot Dada, Otot Back, Bahu, dll. Terdapat tiga jenis bench antara lain adalah datar atau flat, menurun atau decline, dan menanjak atau incline. Beberapa jenis bench dapat disesuaikan seperti misalnya mereka dapat diubah menjadi jenis datar, menurun atau menanjak. Beberapa jenis bench juga memiliki rak pada sisi sisinya untuk bisa menahan barbell, sedangkan jenis bench yang lain tidak memiliki rak. Bench yang tidak memiliki rak biasanya digunakan untuk latihan dengan dumbbell.

 

6. Hyper extension bench

Hyper extension bench

Jenis bench ini digunakan sebagai alat fitnes untuk otot back dan juga alat fitnes untuk otot kaki, harmsring dan otot glute. Beberapa tempat fitness memiliki hyper extension bench yang juga dapat digunakna utnuk sit up sehingga dapat melatih otot abdomen.

 

7. Preacher bench

Preacher bench

Jenis bench ini didesain untuk bisa melatih bicep. Alat ini memiliki sudut tempat lengan atas anda diletakkan. Alat ini juga membantu untuk mencegah anda mengangkat beban lebih tinggi sehingga anda bisa lebih berkonsentasi mengisolasi otot bicep. Biasanya Alat ini dikombinasi dengan EZ Curl Bar untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

8. Arm blaster

arm blaster

Arm blaster adalah sebuah alat terbuat dari besi yang memiliki panjang 2 kaki (sekitar 0,6 meter), serta lebar 6 inchi, bentuknya pipih dan lengkung. Ada tali yang akan mengitari melewati bagian leher belakang anda untuk menahan metal tersebut yang berada di bagian tengah depan tubuh anda. Alat ini bekerja hampir mirip dengan preacher bench dengan mengeliminasi momentum tubuh dan dapat membantu anda mengisolasi otot bicep.

 

9. Abdominal bench

ab bench

Alat ini pada dasarnya adalah bench jenis menurun atau decline yang digunakan untuk melakukan latihan untuk Otot Perut dan salah satu alat fitnes untuk mengecilkan perut, yaitu sit up. Alat ini memiliki roller yang akan membantu anda menggantungkan kaki anda sehingga anda tidak akan jatuh dari bench tersebut.

 

10. Bola keseimbangan atau Swiss Ball

swiss ball

Segala latihan yang anda bisa lakukan pada bench biasanya dapat dilakukan pada bola keseimbangan. Anda bisa melakukan latihan seperti bench press, shoulder press, dumbbell flyes, lateral raises, crunches, pullovers, reverse crunches dan lain sebagainya. Alat ini merupakan alat yang paling menarik. Bola tersebut dapat bergerak dan menggelinding sehingga meningkatkan keseimbangan anda dan memperkuat otot keseimbangan anda dalam setiap latihan yang anda lakukan.

Share ke teman-teman Kamu guys, bila artikel ini bermanfaat. 😀

Komentar

Komentar

Hotline: 0838-4455-6414
Sms Center : 0838-4455-6414
BBM : 742C09E7 (Hendry)
cs 1